JARINGAN KOMUNIKASI DALAM TIK

Rabu, 02 November 2011

| | |
JARINGAN KOMUNIKASI DALAM TIK

1.Local Area Network (LAN)
A. Pengertian dan Prinsip Kerja LAN
LAN (Local Area Network) dapat definisikan sebagai jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah yang kecil (lokasinya terbatas didalam satu gedung), seperti jaringan komputer kampus, warnet, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua
komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan
kata lain berhubungan.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer atau scanner. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2.Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3.Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. Dan jika server itu dihubungkan ke internet, semua komputer dalam jaringan LAN tersebut bisa ikut terhubung ke internet hanya dengan satu modem di server.
B. Komponen-komponen Dasar LAN
Beberapa komponen dasar yang biasanya membentuk suatu LAN adalah sebagai berikut:

1. Workstation
Workstation merupakan node atau host yang berupa suatu sistem komputer.
Sistem komputer ini dapat berupa PC atau dapat pula berupa suatu komputer
yang besar seperti sistem minicomputer, bahkan suatu mainframe.
Workstation dapat bekerja sendiri (stand-alone) dapat pula menggunakan
jaringan untuk bertukar data dengan workstation atau user yang lain.

2.Server
Perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan dan
workstation yang terhubung pada jaringan tersebut.pada umumnya sumber
daya (resources) seperti printer, disk, dan sebagainya yang hendak
digunakan secara bersama oleh para pemakai di workstation berada dan
bekerja pada server. Berdasarkan jenis pelayanannya dikenal disk server,
file server, print server, dan suatu server juga dapat mempunyai beberapa
fungsi pelayanan sekaligus.

3.Link (hubungan)
Workstation dan server tidak dapat berfungsi apabila peralatan tersebut
secara fisik tidak terhubung. Hubungan tersebut dalam LAN dikenal sebagai
media transmisi yang umumnya berupa kabel. Adapun beberapa contoh dari
link adalah:
1.Kabel Twisted Pair
•Kabel ini terbagi dua, yaitu Shielded Twisted Pair dan Unshielded Twisted
Pair(UTP)
•Lebih banyak dikenal karena merupakan kabel telpon
•Relatif murah
•Jarak yang pendek
•Mudah terpengaruh oleh gangguan
•Kecepatan data yang dapat didukung terbatas, 10-16 Mbps

4.Kabel Coaxial
•Umumnya digunakan pada televisi
•Jarak yang relatif lebih jauh
•Kecepatan pengiriman data lebih tinggi di banding Twisted Pair, 30 Mbps
•Harga yang relatif tidak mahal
•Ukurannya lebih besar dari Twisted Pair

5.Kabel Fiber Optic
•Jarak yang jauh
•Kecepatan data yang tinggi, 100 Mbps
•Ukuran yang relatif kecil
•Sulit dipengaruhi gangguan
•Harga yang relatif masih mahal
•Instalasi yang relatif sulit

6. Network Interface Card (NIC)
Suatu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani network protocol dan menghubungkan workstation dengan kabel jaringan ataupun tranc-eiver cable.

7. Network Software
Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak akan bekerja
sebagaimana yang dikehendaki. Software ini juga yang memungkinkan sistem
komputer yang satu berkomunikasi dengan sistem komputer yang lain.

Kelebihan LAN:
LAN dapat dihubungkan dengan berbagai cara seperti kabel pasangan, serat optik, kabel telepon, dan cahaya inframerah, serta isyarat radio. Konfigurasi keterhubungan antara beberapa komputer dikenal dengan topologi. Setiap topologi perlu melaksanakan kerjasama yang biasa ditemui dalam jaringan yaitu pesan dari satu komputer ke komputer yang lain atau petunjuk supaya menjalankan tugas yang tersimpan di dalam jaringan

Kekurangan LAN :
LAN hanya dapat menghubungkan sejumlah komputer yang berada dalam kawasan tertentu seperti di dalam kampus, dalam sebuah bangunan, dan dalam ruang yang yang seringkali dihubungkan dengan minikomputer. Namun begitu, jarang sekali LAN meliputi kawasan yang lebih dari satu gedung.


2. Metropolitan Area Network (MAN)
Pengertian Metropolitan Area Network (MAN),MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, area yang digunakan adalah dalam sebuah negara.Dalam hal ini jaringan komputer menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan LAN ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu: jaringan pada Bank (sistem Online Perbankan). Setiap bank tentunya memiliki kantor pusat dan kantor cabang. Di setiap kantor baik kantor cabang maupun kantor pusat tentunya memiliki LAN, penggabungan LAN – LAN di setiap kantor ini akan membentuk sebuah MAN.
MAN biasanya mampu menunjang data teks dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel atau gelombang radio.

Keuntungan MAN:
· Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
· Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contoh ATM Bank unluk wilayah nasional)
· Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting
dan Video Conference (ViCon).
Kerugian MAN:
· Biaya operasional mahal.
· Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
· Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting).


3.World Area Network (WAN)
Keuntungan WAN:
· Penggunaan kartu kredit di seluruh dunia
  • Pengambilan uang dengan jaringan internasional (ATM Internasional)
  • Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting dan Video Conference (ViCon).
  • Pooling data dan up date data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.
  • Data dapat dikirim melalui e-mail.
Kerugian WAN:
  • Biaya operasional mahal.
  • Susah dalam instalasi infrastrukturnya.
  • Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting).

INTERNET
Internet (Interconnected Network) adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan diseluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya, sebagai sarana berkomunikasi dan menyebarkan informasi. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dandibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebutdengan alamat IP 32 bit. Contoh : 202.155.1.230.
Secara umum internet dipandang sebagai sumber daya informasi. Sehingga isi internet adalah informasi yang dapat diibaratkan sebagai suatu database perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan internet dipandang sebagai duniadalam bentuk maya, karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada diinternet, seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik, dan lain-lain. Internet mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia teknologi informasi. 
Ada dua peranan penting, yaitu : a.Internet sebagai sumber data dan informasi
                                                                b. Internet sebagai sarana pertukaran data dan informasi.

MANFAAT PENGGUNAAN INTERNET
Internet telah banyak digunakan diberbagai bidang kehidupan dan digunakanoleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer, danlain-lain. Beberapa contoh manfaat penggunaan internet di berbagai bidang adalah :
a. Bidang Pendidikan
Untuk bidang pendidikan, internet memungkinkan kita untuk mendapatkan banyakreferensi keilmuan dari perpustakaan maya (Library Online) yang ada di internetdan sebagai media pembelajaran secara online, semisal belajar jarak jauh dengan menggunakan Teleconference Internet (e-learning)
b. Bidang Ekonomi dan Bisnis
Untuk bidang ekonomi dan bisnis, internet hadir dengan istilah e-commerce.Dengan adanya e-commerce, kegiatan perdagangan, jual beli, promosi, dan lain sebagainya dapat dilakukan lewat internet tanpa harus berpergian.
c. Bidang Pemerintahan
Untuk bidang pemerintahan, internet hadir dengan istilah e-government. Denganadanya e-government, pemerintah dapat dengan mudah memberikan informasi danlayanan kepada masyarakat secara maksimal dan juga dapat dipergunakan untuk saling mempererat hubungan pemerintahan antar suatu negara.
d. Bidang Sosial
Bidang sosial, internet dapat dipergunakan untuk memberikan informasi mengenai berbagai macam kegiatan sosial yang telah, sedang atau akan dilaksanakan dan juga dapat digunakan untuk membantu penggalangan dana kegiatan sosial.
e. Bidang Keagamaan
Internet dapat digunakan untuk sarana diskusi, konsultasi, tanya jawab masalah agama, berbagi ilmu agama, dan lain sebagainya.

KELEBIHAN INTERNET
a. Konektivitas dan jangkauan global.
Dalam internet jaringan yang terjalin bersifat global tanpa mengenal ruang,waktu, dan birokrasi, dimana akses data dan informasi melampaui batas-batas negara dan protokoler.
b. Akses 24 jam.
Akses internet tidak dibatasi dengan waktu, karena dimanapun dan kapanpundunia maya (akses internet) tidak perneh terlelap tidur, karena perbedaan zonawaktu dan ruang tidak dikenal.
c. Kecepatan.
Pencarian informasi dengan menggunakan internet jauh lebih cepat dibandingkandengan pencarian secara manual.
d. Interaktivitas dan fleksibilitas.
Komunikasi yang kita lakukan dapat secara interaktif, misalnya dengan fasilitas Chatting

KELEMAHAN INTERNET
a. Ancaman virus
Salah satu masalah dalam dunia internet adalah ancaman virus yang selaluberkembang. Berbagai macam virus telah tersebar secara bervariatif, khususnyamenyebar lewat jaringan internet baik lewat e-mail maupun file yang di download.
b. Tindak kejahatan internet (Cybercrime)
Tindak kejahatan yang berlangsung di internet banyak terjadi, semisal hackingyaitu proses masuk secara paksa ke situs tertentu yang dilakukan oleh hacker.Selain itu juga cracking, yaitu kegiatan hacking yang tidak hanya masuk secarapaksa, namun juga mengambil dan merusak data dari situs tersebut.
c. Ketergantungan pada jaringan telepon, satelit, dan ISP
Fasilitas jaringan telepon, satelit, serta ISP menjadi sangan berpengaruhterhadap pemakaian internet. Selain itu saluran telepon di indonesia masih relatiflambat, yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap waktu akses internet dan biaya akan lebih mahal.



INTRANET
Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet, diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Khoe Yao Tung (1997) mengatakan : Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. Intranet umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet.
Kompatibilitas Intranet (sebagaimana Internet) sangat tinggi terhadap sistem lainnya sehingga mudah diterapkan, dipelajari, dikembangkan dan dikonfigurasi ulang. Dukungan aplikasi, program dan sistem operasi yang luas akibat dari popularitas Internet menjadikan Intranet sebagai masa depan LAN.

Keistimewaan fasilitas Intranet yang tidak terdapat pada jaringan lokal (LAN) konvensional adalah :
· 1.Tampilan WEB (grafis, multimedia) pada sistem operasi, navigasi, aplikasi maupun databasenya
· 2.Fasilitas standar Internet : surat elektronik (E-mail), transfer file (FTP), emulasi terminal jarak jauh (Telnet, Rlogin), pengendalian peralatan network jarak jauh (SMNP)
· 3.Aplikasi Internet yang kaya seperti search engine, mailing list, newsgroup, archie, gopher, wais dan sebagainya
· 4.Script programming universal Common Gateway Interface (CGI), Perl, Visual Basic, C dan Java yang mendukung operasi database
· 5.Dukungan integrasi database dan kompatibilitas dengan perangkat lunak yang telah ada seperti dengan Foxpro, SQL maupun Oracle
· 6.Teknologi LAN seperti manajemen database, sistem terdistribusi, client server, sharing resource and peripheral tetap dipertahankan.

KELEBIHAN INTRANET
1. Produktifitas kerja
2. Efisiensi waktu
3. Komunikasi
4. Sistem Publikasi Web
5. Efektifitas Biaya
6. Keseragaman Informasi
7. Meningkatkan Kerjasama
KELEMAHAN INTRANET
  • Informasi yang tidak benar dapat termuat dalam sistem intranet bila tidak dilakukan mekanisme kontrol secara intensif. Akibatnya dapat mengurangi kredibilitas intranet yang dimiliki oleh organisasi.
  • Selain informasi yang tidak benar, terdapat kemungkinan tersiarnya materi illegal melalui intranet. Oleh sebab itu, perlunya kontol terhadap akses melalui intranet agar jangan sampai menjatuhkan kredibilitas dan tanggung jawab sosial organisasi.
  • Perlu pelatihan khusus untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan.
  • Bisa terjadi "overload" (data penuh ) akibat pengiriman antar pengguna yang tidak terkontril dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar