KOMPONEN-KOMPONEN CPU

Selasa, 27 September 2011

| | |
Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Seperti yang kita tahu bahwa komponen hardware ada yang disebut Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak dari komputer yang menjadi kendali utama komputer. Terdapat banyak komponen-komponen didalamnya, diantaranya Mainboard atau Motherboard, VGA card, RAM, sound card, power supply, dan lain-lain
Komputer sekarang pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk casing desktop atau tower (menara) kotak yang terdiri dari bagian berikut:

Gambar CPU tampak samping

Gambar CPU modern tampak depan


Gambar CPU tampak belakang

Berikut ini adalah komponen-komponen penyusun CPU :
• MOTHERBOARD
Fungsi Motherboard adalah sebagai tempat untuk memasang atau meletakkan berbagai komponen, misalnya prosesor, VGA card, sound card, memori, dan lain-lain. (* Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca diMOTHERBOARD / MAINBOARD.)

• RAM ( Random Access Memory)
RAM adalah media penyimpanan data sementara yang bisa dibaca dan juga dapat diubah sesuai dengan keinginan kita, tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC.

Jenis-jenis RAM :
o SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) – Type RAM yg dibuat pada tahun 1996. SDRAM merupakan RAM yg sangat legendaris, dan mampu bertahan lama dalam perkembangan system komputer.
o DDR (Double Data Rate) – Type RAM yg merupakan pengembangan lanjut dari teknologi SDRAM. DDR dibuat pada tahun 2000. DDR pertamakali dibuat sebagai pesaing utama dari memory RDRAM yg dikembangkan Intel dan Rambus pada awal generasi Pentium 4, dan saat ini menjadi mainstream dari platform komputer. 1.024MB PC2100/2700/3200.
o DDR2 (Double Data Rate Generation 2) – DDR2 merupakan generasi lanjutan dari DDR dengan perbaikan berbagai fitur, seperti penggunakan IC BGA (Ball Grid Array) yg tahan panas & memiliki densitas tinggi serta FSB yang lebih tinggi. •
o RDRAM (Rambus Dynamic RAM) – Type RAM yg pertamakali dibuat tahun 1999. RDRAM merupakan RAM yg menggunakan teknologi baru yg dikembangkan oleh perusahaan bernama Rambus. RDRAM mempunyai kemampuan bandwidth yg menyamai kebutuhan bandwidth pada processor Intel Pentium 4.

• VGA CARD
VGA Card adalah singkatan dari Video Graphic Adapter Card atau juga lebih dikenal dengan istilah Kartu Grafis yang memiliki fungsi untuk mengolah gambar yang akan ditampilkan ke monitor. Berdasarkan letaknya, VGA dibagi menjadi 2 macam yaitu VGA onboard dan VGA add-on. VGA onboard adalah VGA yang sudah terintegrasi / tertanam pada motherboard. VGA onboard ini menggunakan memori utama / RAM sebagai memory VGA alias share memory dan processor sebagai pengolah gambar. VGA add-on adalah VGA yang terpisah dengan motherboard yang memiliki interface PCI Express atau AGP. Pada VGA add-on sudah memiliki GPU dan memory sendiri. Inilah yang sering dan lebih tepat jika disebut sebagai Video Card atau dikenal dengan VGA Card.

• HARDISK (STORAGE)
Harddisk adalah salah satu komponen penting pada komputer yang di dalam nya terdapat piringan magnetik (platter) yang berfungsi sebagai media panyimpanan data yang bersifat non-volatile, maksudnya walaupun tidak ada aliran listrik, data yang sudah kita simpan dalam harddisk tidak akan hilang. Tempat penyimpanan data atau yang biasa dikenal dengan storage yang bersifat permanen dibedakan menjadi dua macam, yaitu: removable storage, yaitu storage yang dapat dipindah-pindah dan non-removable storage, yaitu storage yang bersifat tetap.
Koneksi dari harddisk menuju komputer adalah dengan menggunakan kabel yang ditancapkan pada slot IDE untuk harddisk jenis P-ATA (Paralel ATA) dan slot serial untuk harddisk jenis S-ATA (Serial ATA). Untuk motherboard desktop tipe baru, hanya disediakan 1 slot IDE, sedangkan slot SATA bisa mencapai 8 buah. Untuk server biasanya menggunakan SCSI dan versi serialnya adalah SAS (Serial Attached SCSI). Untuk server jenis baru, dapat menggunakan Fiber optik untuk performa lebih cepat.
Hardisk memiliki kapasitas harddisk yang menentukan besar kecilnya kemampuan harddisk untuk menampung data. Kapasitas harddisk dihitung dengan ukuran bytes. Untuk saat ini harddisk sudah memiliki kapasitas hingga ratusan GB (1 Gigabyte = 1024 MB). Juga memiliki Kecepatan Rotasi , maksudnya adalah kecepatan putar dari platter atau piring magnetik yang ada didalam harddisk dan memiliki satuan rpm (rotation per minute). Harddisk terdiri dari beberapa keping plat yang merupakan media penyimpanan yang ada didalam harddisk.

• SOUND CARD
Salah satu komponen multimedia yang tentu saja berperan adalah sound card atau kartu suara. Disebut demikian karena perangkat yang berbentuk sebuah lempengan PCB ini mampu mengolah dan menghasilkan suara. Sebuah sound card memiliki output yang harus terhubung ke spiker. Sound card, juga sering disebut audio card, adalah periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara.
Seperti halnya VGA card, sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis. Sound card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker). Sedangkan cara pengangkutan suara biasanya menggunakan tiga cara, yaitu melalui teknologi frequency modulation (FM), wavetable, dan model fisik. Sintesa lewat FM adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jenih, meski mahal. Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga menghasilkan suara yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting gitar akan disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli.

• MODEM
Modem merupakan suatu alat yang dapat menjembatani suatu komputer untuk dapat beroperasi dalam jaringan. khususnya jaringan internet dan biasanya dihubungkan dengan line telepon standar.
Modem adalah singkatan dari Modulator-Demodulator Modulate adalah proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bisa ditransmisikan. Demodulate adalah sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “ Modem “, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

• FLOPPY DISK
Floppy Disk adalah media yang bisa dilepas dan mengijinkan kita dengan sangat mudah untuk memasukkan dan mengambil informasi melalui media disket.

• CD Drive
CD Drive adalah media penyimpanan data/informasi lainya melalui cd. Hampir mirip dengan floppy disk hanya medianya saja yang berbeda.
Perkembangan CD Drive :
  • CD – tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.

• POWER SUPPLY
Sesuai dengan namanya, Power supply unit (PSU) berfungsi untuk memasok daya ke komponen lain pada PC. Semua komponen PC (selain power supply) akan memperoleh pasokan daya dari power supply tersebut. Spesifikasi yang sering dicantumkan adalah daya maksimum total dan daya maksimum masing-masing tegangan (bisa juga arus maksimum). Nilai-nilai ini sebaiknya dicermati. Adapun tegangan yang umum disediakan oleh power supply adalah +3,3V, +5V, +12V, -5V, -12V, dan +5VSB (Standby).
Dahulu jenis power supply yang sering digunakan adalah model AT. Pada model ini, kita harus menekan tombol ON/OFF pada CPU jika ingin mematikan komputer. Tapi saat ini, jenis power supply yang banyak digunakan adalah ATX karena model ini memberikan kemudahan mematikan CPU tanpa harus menekan tombol ON/OFF pada CPU, cukup dengan mengklik Shutdown.

Pada power supply terdapat beragam konektor antara lain:

Terdapat dua jenis power supply yaitu jenis AT ,menpunyai 12 output dan ATX mempunyai 20 output.

• CASING (CHASIS)
Seperti halnya rumah, casing digunakan untuk mengamankan komponen PC yang ada di dalamnya. Namun, semua komponen PC yang bekerja pada chassis pasti mengeluarkan panas. Bila aliran panas tersebut tidak bagus, suhu di dalam chassis akan meningkat, suhu komponen PC akan meningkat, dan memungkinkan mengakibatkan ketidakstabilan fungsi komponen PC di dalamnya. Oleh karena itu, casing yang baik, juga harus memiliki kemampuan melepas panas secara efektif.
Ada 2 jenis casing yaitu :
o Desktop ( horizontal )
o Tower ( Vertikal/ berdiri). Casing tower terbagi :
  • Tull Tower
  • Middle Tower
  • Mini Tower
Casing Tower
Menurut form factornya, casing dapat dibedakan menjadi beberapa tipe, antara lain:
o AT
Merupakan tipe chassis yang digunakan pada motherboard lama, dimana tidak terdapat fitur power management, sehingga untuk mematikan komputer, masih harus menekan tombol power.
o ATX
Merupakan pengembangan dari chassis tipe AT, dimana sudah mendukung fitur power management.
o BTX
Pengembangan dari Intel untuk kalangan industri, yaitu dengan menciptakan motherboard dengan ukuran kecil (small form factor), dimana diklaim lebih hemat daya.
o DTX
Pengembangan dari AMD yang ditujukan untuk kalangan industri sebagai tanggapan atas pengembangan BTX dari Intel. DTX didesain lebih kecil dan dinyatakan lebih sesuai sebagai standar industri.

0 komentar:

Poskan Komentar